GUNUNG GUNTUR


SENSASI di ketinggian 2249 mdpl gunung guntur

      Menyusuri daerah wisata di Garut tidak akan lengkap jika belum mengunjungi pegunungannya. Kota Intan yang terkenal dengan keasrian alam dan udara sejuknya ini sering menjadi tujuan wisata bagi para backpacker dan pecinta alam. Apalagi pada saat liburan sekolah, alam pegunungan di Kota Garut tidak pernah sepi pengunjung. Terkenal dengan sebutan gunung api, gunung yang berketinggian 2.249 mdpl ini menjadi sebuah ikon selamat datang di Kota Garut karena memang wilayahnya terletak di dekat perbatasan, tepatnya di daerah Sukawangi Tarogong Kaler.


PUNCAK GUNUNG GUNTUR

   
  
      Perlu diketahui bahwa Pos 3 bukan puncak dari gunung guntur. Untuk menuju puncak, anda harus melewati jalur daki dengan sudut kemiringan yang lebih berbahaya lagi. Apalagi puncak gunung guntur yang gersang dan tandus ini bersuhu panas, di area ini pun tidak diperbolehkan untuk mendirikan tenda dengan alasan berbahaya, salah satunya dari bahaya petir.  Jika para pendaki menginginkan untuk ke puncak, disarankan agar pulang pergi. Bisa pada saat sore dan pagi hari untuk mencari sunrise atau sunset. 

PERALATAN & BEKAL


        Untuk pendakian menuju Gunung Guntur jangan lupa untuk dibekali dengan alat-alat camping, seperti tenda, nesting, kompor, matras, sleeping bag, flysheet, senter, power bank karena di puncak agak susah untuk mendapatkan colokan listrik. Persiapkan juga logistik seperti makanan ringan coklat batangan, kwaci, kacang2an, snack, madu, susu atau makanan ringan yang dapat menahan lapar untuk jangka waktu yang agak lama.

TIKET MASUK

     Pada pendakian ini, kebetulan tidak ada biaya masuk, hanya biaya parkir secara sukarela kepada masyarakat setempat. Untuk saat ini pendakian belum ada pungutan atau tiket masuk secara resmi akibat setelah liburan lebaran terjadi pungutan liar yang merugikan para pendaki. Untuk kedepannya, biaya tiket akan ditinjau ulang, dan kemudian pemerintah setempat menetapkan harga tiket resmi. 

AKTIFITAS & FASILITAS

      Selain menawarkan perjalanan dengan petualangan seru, disini anda bisa mendirikan tenda, foto selfie dan menikmati pesona garut di malam hari.
Uniknya, di Gunung Guntur terdapat sumber mata air yang bisa langsung diminum. Selain terdapat warung kopi, adapula tempat rental outdoor yang menyediakan alat camping sederhana yang bisa disewa. Bagi pendaki yang tidak membawa peralatan, dapat menyewa dengan harga seperti di bawah ini:
1. tenda kapling 6    Rp.65.000,-
2. tenda kapling 4   Rp.45.000,-
3. tenda kapling 2   Rp.30.000,-
4. flysheet 3x4    Rp.15.000,-
5. senter    Rp.5.000,-
6. hammock    Rp.15.000,-
7. kompor    Rp.15.000,-
8. matras    Rp.5.000,-
9. nesting    Rp.15.000,-
Untuk kenyamanan bersama, disini terdapat ketentuan agar sampah turut dibawa kembali ke pos 1 sebagai bukti bahwa anda tidak buang sampah sembarangan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUNCAK MOVE ON DARMACAANG CIAMIS

CURUG TUJUH PANJALU

Jembatan Cinta Hutan Mangrove di Batu Karas